Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, Juni 07, 2012

Karakter Orang Kafir

Ada 3 karakter orang kafir yang dijelaskan dalam ayat-ayat Al Qur’an, yaitu :
1. Orientasi hidupnya hanya tertuju pada dunia.
“ Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertaqwa itu lebih mulia daripada mereka di hari kiamat. Dan Allah memberi rezeki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas”. ( QS Al Baqarah 2: 212)

Ayat ini menegaskan bahwa orientasi hidup orang kafir hanya dunia saja. Dunia merupakan hal terindah dalam kehidupannya, segala cara bisa dihalalkan demi merengkuh kenikmatan duniawi.
2. Menjadikan setan sebagai pelindung.
“Allah pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya. Sedangkan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah setan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya (keimanan) kepada kegelapan (kesesatan). Mereka itu adalah penghuni neraka ; mereka kekal didalamnya“. (QS. Al Baqarah 2: 257)
3. Tidak mengambil pelajaran dari  fenomena alam.
“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman”. (QS. Al An biyaa 21: 30)
Ayat ini mengaskan bahwa orang kafir tidak pernah mengambil pelajaran dari keagungan fenomena alam.
(Sumber: Aam Amiruddin, Tafsir Al Qur’an Kontemporer Jilid 2)

Tidak ada komentar: