Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, Juli 16, 2009

Kiat Menghadapi Masalah

Bila dalam bekerja, kamu kadang merasa tidak nyaman dengan sikap orang-orang disekelilingmu, itu hal biasa. Dapat terjadi ditempat kerja manapun. Itu disebabkan karena kita adalah manusia biasa. Tidak bisa luput dari godaan iblis. Ucapkan saja selalu :’ Aku berlindung kepada Allah dari godaan iblis yang terkutuk’.

Bila kamu diminta mengerjakan suatu pekerjaan yang bukan menjadi tanggung-jawabmu, sepanjang tidak mengganggu tugas pokokmu, tidak melanggar peraturan dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam,  kerjakan saja dengan ikhlas. Allah Maha Melihat dan Maha Mengetahui. Bisa jadi, kamu diminta mengerjakannya karena kamu memiliki kemampun lebih dari yang lain. Hal ini patut disyukuri. Ingatlah akan firman Allah :. Dan (ingatlah juga) , tatkala Tuhanmu memaklumkan: ‘ Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmatKu) maka sesungguhnya azabKu sangat pedih….Q. S. Ibrahim ayat 7.


Sesungguhnya mengeluh tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Justeru perlu dikhawatirkan, keluhan bisa berarti tidak mensyukuri nikmat Allah. Bisa juga berarti tidak ikhlas menerima ketentuan-Nya. Tidak ikhlas menerima takdir, membuat kita selalu gelisah.

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan agar senantiasa bersyukur adalah dengan memperbanyak mengingat anugerah Allah. Renungkan itu selalu. Lihat juga nasib orang-orang yang kurang beruntung disekeliling kita. Banyak sekali jumlahnya. Rasa sakit, rasa tidak nyaman dapat menghapus dosa bila ikhlas menerimanya. Berarti, setiap merasa sakit atau merasa tidak nyaman, patut di ucapkan ‘ Alhamdulillah’. Bukan mengeluh.

Perbanyak baca Al Qur’an dan terjemahannya (tafsir). Perbanyak juga baca hadits Nabi. Perbanyak shalat malam. Mengeluhlah sepuas-puasnya kepada Allah. Mintalah banyak-banyak kepada-Nya. Serahkan segalanya kepada-Nya. Semua yang ada dilangit dan dibumi adalah milik Allah. Hanya dengan cara seperti itu, kita dapat merasakan kehidupan yang nyaman. Insyaallah…

Tidak ada komentar: