Al Qur'an

Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) dari padanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.( QS. Ali Imran 3: 85)


Kamis, Oktober 18, 2012

Pengertian Beramal Saleh

Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati supaya menaati kebenaran serta nasehat-menasehati supaya tetap dalam kesabaran. (QS. Al ‘Ashr 103: 3)
Menurut Aam Amiruddin, kata amiluu berasal dari kata ‘amalun yang artinya “ pekerjaan yang dilakukan dengan penuh kesadaran”. Kata shalihaat  berasalal dari kata shaluha artinya “ bermanfaat atau sesuai”.
Jadi, amal saleh adalah aktivitas yang dilakukan dengan penuh kesadaran bahwa pekerjaan  itu memberi manfaat untuk dirinya ataupun untuk orang lain. Selain itu, pekerjaan tersebut sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditentukan.
Syeh Muhammad Abduh mendefinisikan amal saleh sebagai perbuatan yang berguna bagi diri pribadi, kaluarga, kelompok dan manusia secara keseluruhan.
Jadi, karya dan kreativitas apapun yang kita lakukan dengan penuh kesadaran demi kemaslahatan diri sendiri, keluarga ataupun masyarakat, dapat disebut amal saleh. Harus diingat, amal saleh itu harus dibarengi dengan point pertama yaitu iman , karena amal saleh tanpa dilandasi iman kepada Allah SWT akan menjadi sia-sia.
Dan Kami hadapi segala amal baik yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu bagaikan debu yang beterbangan. (QS. Al Furqan 25: 23). (Tafsir Al Quran Kontemporer, Aam Amiruddin)
(Pekanbaru, Oktober 2012)

Tidak ada komentar:

Loading...