Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Senin, Agustus 03, 2009

SIAPA YANG MENYUSAHKAN ORANG MUSLIM, ALLAH AKAN MENYUSAHKANNYA

Bila kita amati dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali perilaku sebagian orang yang dapat saja termasuk kategori menyakitkan, menyusahkan atau membahayakan orang lain.
Pernahkah anda melakukan / melihat perbuatan seperti :
1. Merokok ditempat umum. Rokok tidak hanya mengganggu kesehatan bagi penghisapnya, tapi juga bagi orang-orang yang terkena asap rokok itu.
2. Memuat angkutan umum melebihi kapasitas. Berdesakan didalam kendaraan umum jelas menyusahkan dan juga berbahaya.
3. Mengemudi dijalan raya secara ugal-ugalan/ngebut. Hal ini dapat mengganggu pengguna jalan lainnya dan dapat menimbulkan kecelakaan.
4. Mengemudikan kendaraan yang kurang/tidak layak jalan. Emisi gas buang melebihi ambang batas, bunyi knalpot nyaring dll.
5. Parkir sembarangan/ditempat terlarang. Menyulitkan pengguna jalan lainnya.
6. Pengguna sepeda motor yang melewati gang di lingkungan perumahan pada waktu penghuni sudah tidur malam.
7. Menjual makanan/minuman tidak/kurang bersih, apalagi mengandung zat berbahaya.
8. Mempersulit urusan.
Perbuatan-perbuatan seperti itu dapat dikatakan, menyusahkan, menyulitkan atau membahayakan orang. Masih banyak lagi perbuatan yang menyusahkan, menyulitkan dan membahayakan orang. Islam mengajarkan agar menghindari perbuatan tersebut.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengingatkan:” Dari Abu Shirmah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda :” Siapa yang membahayakan (orang muslim), maka Allah akan membahayakannya pula. Dan Siapa yang menyusahkan (orang muslim), maka Allah akan menyusahkannya pula”. (HR Tirmidzi).
Agar dalam kehidupan didunia ini tidak bertambah lagi kesusahan, kesakitan dan bahaya, maka berusahalah untuk tidak melakukan perbuatan yang membahayakan dan/atau menyusahkan/menyakitkan orang lain. Ajaran Islam itu indah. Alangkah nyamannya hidup ditengah-tengah masyarakat yang senantiasa menjaga perilaku. Sehingga tidak ada warga tersakiti atau tersusahkan. Islam menjadikan kehidupan ini terasa nyaman.

Tidak ada komentar: