Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Sabtu, Agustus 08, 2009

MELURUSKAN SHAF DALAM SHALAT BERJAMAAH

Untuk kesekian kalinya, saya shalat zuhur berjamaah di Masjid Pusdai (Pusat Dakwah Islam)Jawa Barat Bandung. Shalat berjamaah disini sangat tertib. Imam belum memulai shalat sebelum shaf (barisan) lurus dan rapat. Imam pun tidak segan-segan mendatangi shaf untuk meluruskan dan merapatkannya. Bila ada anak-anak, Imam mengingatkan untuk mengambil shaf dibelakang shaf orang dewasa. Ini yang membuat saya nyaman solat disini.
Lurus dan rapatnya shaf memang sangat perlu diperhatikan dalam solat berjamaah. Rasulullah SAW bersabda :”Luruskan shaf-shaf kalian karena lurusnya shaf merupakan bagian dari kesempurnaan shalat.” ( HR Bukhari – Muslim)
“Luruskan shaf-shaf kalian atau (kalau tidak) sungguh Allah akan menimbulkan perselisihan diantara kalian.” ( HR. Bukhari – Muslim).
Dalam hidup ini, sepatutnya kita mengikuti panduan dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Hal ini sesuai dengan perintah Allah SWT :” Taatlah kalian kepada Allah dan taatlah kalian kepada Rasul.” (QS. An Nisa: 59). “ Dan telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu.” ( Q S Al-Ahzab: 21).” Barang siapa taat kepada Rasul Allah, berarti ia taat kepada Allah.” ( QS An Nisa:80).
Sudah sepatutnya, kita berusaha sungguh-sungguh untuk melaksanakan perintah Allah SWT. Menjadikan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai suri teladan. Apalagi dalam melaksanakan ibadah.
7 Agustus 2009.

Tidak ada komentar: