Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, November 04, 2010

Ketika Mimpi Baik Dan Mimpi Buruk

Dari Abi Said al Khudri ia mendengar Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :" Jika seorang diantaramu bermimpi yang menyenangkan maka mimpi itu dari Allah (membaca alhamdulillah) dan bolehlah diceritakan mimpinya. Dan jika bermimpi yang bukan seperti itu, yaitu mempi yang jelek, maka mimpi itu dari setan dan berlindunglah kepada Allah (membaca ta'awwudz) dari kejahatannya dan janganlah menceritakannya kepada seseorang, maka mimpi itu tidak akan membahayakan padanya." ( HR. Bukhari)


Mimpi itu manusiawi. Dapat dikatakan, setiap orang pernah bermimpi didalam tidurnya. Bahkan, para Nabi menerima wahyu ada yang lewat mimpi. Ada juga mimpi yang menjadi tanda akil balig seorang anak laki-laki.


Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memberikan tuntunan dalam mensikapi mimpi. Mimpi bagus, pujilah Allah. Mimpi buruk, mohon perlindungan Allah dan jangan ceritakan kepada orang lain. Jadi, tidak perlu gelisah dan khawatir bila bermimpi buruk. Ajaran Islam memang selalu memberikan ketenangan.
Pekanbaru, 4 Nopember 2010

Tidak ada komentar: