Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Senin, November 08, 2010

Mudahkanlah Dan Jangan Mempersulit

Mudahkanlah dan jangan mempersulit. Gembirakanlah dan jangan menggusarkan. ( HR Muslim)
Untuk kesempurnaan kehidupan didunia ini, memang banyak yang perlu dilakukan. Tidak hanya yang berhubungan dengan kepemilikan, tetapi juga dengan aktivitas. Terutama aktivitas beribadah seperti shalat, puasa, zakat, haji dan lain-lain.
Ketika mengurus mutasi pensiun beberapa waktu lalu, saya merasa mendapat kemudahan. Saya perkirakan akan selesai dalam 3 hari. Ternyata, setengah hari sudah selesai. Alhamdulillah. Lega dan menggembirakan.
Manusiawi, apabila setiap orang senantiasa ingin mendapatkan kemudahan dan tak ingin dipersulit. Setiap orang menginginkan hal-hal yang menggembirakan dan tidak ingin yang menggusarkan.
Dalam sebuah lingkungan masyarakat yang warganya saling memudahkan dan tidak mempersulit, tentu terasa nyamannya kehidupan ini. Begitu juga apabila warga masyarakat berusaha saling menggembirakan dan tidak menggusarkan, kehidupan menjadi indah untuk semua. Insyaalah…
Pekanbaru, 6 Nopember 2010

Tidak ada komentar: