Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Minggu, Januari 22, 2012

Manfaat Dan Bahaya Adalah Ketetapan Allah


Ketahuilah, seandainya seluruh makhluk berkumpul untuk memberimu suatu manfaat, mereka tidak akan mampu memberikannya kepadamu kecuali sekedar apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Dan seandainya mereka berkumpul untuk menimpakan kepadamu suatu bahaya, maka mereka tidak akan mampu menimpakannya atasmu kecuali apa yang telah ditetapkan Allah.(HR. Tirmidzi)
Sangat jelas disebutkan dalam hadis ini. Bahwa, manfaat dan bahaya itu semata-mata merupakan ketentuan Allah SWT. Manusia tidak memiliki kemampuan dalam memberikan manfaat dan mendatangkannya  tanpa perkenan dari  Allah SWT. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita bergantung hanya kepada Allah SWT.

Dalam menjalani kehidupan ini, tentu saja kita tidak dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan kita sendiri. Kita selalu berhubungan dengan manusia lainnya. Namun, apapun manfaat yang kita peroleh, semuanya adalah atas ketetapan Allah SWT. Berterima kasih atas budi baik orang lain, memang perlu. Banyak bersyukur kepada Allah SWT, lebih perlu. Sebab, apapun manfaat yang kita peroleh adalah ketetapan Allah SWT.
“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa kemudharatan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan.” (QS. An-Nahl: 53).
Begitu juga, ketika ditimpa bahaya, semuanya sudah menjadi ketetapan Allah SWT. Jangan simpan rasa takut terhadap perilaku jahat orang. Berhati-hati itu memang perlu.  Ikhlas menerima ketetapan Allah SWT merupakan jalan keluar terbaik... seandainya mereka berkumpul untuk menimpakan kepadamu suatu bahaya, maka mereka tidak akan mampu menimpakannya atasmu kecuali apa yang telah ditetapkan Allah...
Bengkulu, 4 Nopember 2011.                                                                                                                    

Tidak ada komentar: