Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, November 01, 2012

Keadaan Orang Beriman Di Akhirat


Banyak sekali kebahagiaan yang akan dinikmati oleh orang-orang yang beriman dan beramal saleh diakhirat nanti. Kebahagiaan itu dapat dinikmati selamanya.
Dan orang-orang beriman dan beramal saleh, kelak kami akan memasukkan mereka kedalam surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai sedang mereka kekal didalamnya; bagi mereka isteri-isteri yang suci, dan Kami akan memasukkan mereka dibawah naungan yang nyaman. (QS. An-Nisa 4: 57)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a katanya : “ Pada suatu hari, ketika Rasulullah saw berada bersama kaum muslimin, datang seorang lelaki kemudian bertanya kepada Nabi: ‘ Wahai Rasulullah! Apakah yang dimaksud dengan iman? Lalu Nabi bersabda  :’ Kamu hendaklah percaya, yaitu beriman kepada Allah , para Malaikat, semua Kitab yang diturunkan, hari pertemuan dengan-Nya, para Rasul dan percaya kepada hari kebangkitan...’( HR Bukhari-Muslim)
Dalam ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid I dijelaskan, bahwa firman Allah Ta’ala :” Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Kami akan memasukkan mereka kedalam surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai sedang mereka kekal didalamnya”. Penggalan ini merupakan pemberitahuan ihwal tempat kembalinya orang-orang yang berbahagia, yaitu ke surga Adn yang mengalir dibawahnya sungai-sungai dalam berbagai salurannya; sedang mereka kekal didalamnya, tidak berpindah dan tidak beranjak, serta tidak berkehendak untuk beranjak.
Firman Allah Ta’ala:” Bagi mereka isteri-isteri yang suci” dari menstruasi, nifas, kotoran, akhlak yang hina, dan sifat-sifat kekurangan lainnya. Firman Allah, “ Dan Kami akan memasukkan mereka dibawah naungan yang nyaman”, yakni naungan yang luas, banyak, menyenangkan dan nyaman. Ibnu Jarir meriwayatkan dari Syu’bah, dia berkata, saya mendengar adh-Dhahak menceritakan dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “ Sesungguhnya didalam surga itu ada sebuah pohon. Jika seorang penunggang berjalan dibawah naungannya selama satu tahun, dia tidak akan dapat menempuhnya. Itulah pohon Khuldi”.
Mencermati penjelasan dalam Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir tersebut, dapat kita pahami bahwa kebahagiaan / kesenangan yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada orang-orang beriman dan beramal saleh itu luar biasa indahnya. Untuk mendapatkannya, tentu membutuhkan perjuangan dan kerja keras. Beruntunglah kita yang telah diberi Allah SWT iman. Tinggal lagi mengisi hari-hari ini dengan amal saleh.
(Pekanbaru, Oktober 2012)

Tidak ada komentar: