Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, Oktober 31, 2013

Balasan Kebaikan Dan Kejahatan


Dalam menjalani kehidupan keseharian kita, sudah seharusnya selalu berhati-hati. Jangan pernah meremehkan perbuatan yang kelihatannya sepele. Banyak kebaikan yang dianggap kecil dan mudah untuk dilakukan. Misalnya dengan membuang duri atau semacamnya dari jalan agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Berusahalah memanfaatkan kesempatan sebanyak-banyaknya untuk melakukan kebaikan. Sebab, sekecil apapun perbuatan baik itu nanti kita akan melihatnya.
Sebaliknya, sangat berhati-hatilah dengan dosa-dosa kecil. Sebab, dosa-dosa itu disisi Allah ada tuntutannya. Senantiasa memohon ampunan dan pertolongan Allah Ta’ala, perlu kita lakukan.
Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sebesar dzarrah, niscaya dia akan melihatnya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah, niscaya dia akan melihatnya pula. (QS. Az-Zalzalah 99: 7-8)

Mengenai ayat ini, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan, Imam Ahmad meriwayatkan dengan sanadnya dari al-Hasan dari Sha’sha’ah bin Mu’awiyah paman al-Farazdaq bahwa dia pernah datang menjumpai Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu membacakan kepadanya ayat, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihatnya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihatnya pula”. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,”Cukuplah ayat ini bagiku. Aku tidak peduli, walaupun aku tidak mendengarkan yang lainnya”.
Diterangkan dalam shahih Bukhari dari Adi secara marfu’:
Peliharalah dirimu dari sentuhan api neraka walaupun dengan separo kurma, walaupun dengan kalimat thayyibah.
Juga terdapat dalam shahih Bukhari:
Janganlah kalian meremehkan perbuatan baik apapun, walaupun berupa pencurahan air dari embermu kedalam wadah orang yang minta air kepadamu, atau engkau menemui saudaramu dengan wajah yang berseri.
Juga diterangkan dalam hadits shahih:
Hai para wanita beriman, janganlah kalian meremehkan kebaikan tetangga kepada tetangganya, walalupun hanya dengan menyedekahkan kuku kambing.
Dalam hadits lain dikatakan:
Penuhilah permintaan peminta walaupun dengan kuku yang dibakar.
Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Aisyah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:
Hai Aisyah, hati-hatilah kamu terhadap dosa-dosa kecil karena bagi dosa-dosa itu disisi Allah ada tuntutannya.
Diriwayatkan pula oleh Imam Ahmad dari Abdullah bin Mas’ud bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
Hati-hatilah kamu terhadap dosa-dosa kecil, karena dosa-dosa itu akan berkumpul pada diri seseorang sehingga pada akhirnya akan membinasakannya.(Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Muhammad Nasib Ar-Rifa’i)
Bandung, Oktober 2013

Tidak ada komentar: