Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, September 11, 2014

Hati Seekor Kambing Untuk 130 Orang



Diriwayatkan dari Abdurrahman bin Abu Bakar r.a katanya, kami dengan sejumlah seratus tiga puluh orang sedang bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya:” Apakah salah seorang diantara kamu mempunyai makanan?’. Didapati ada seorang yang mempunyai kira-kira satu gantang gandum atau lebih kurang. Lalu diadonkannya. Kemudian datang seorang lelaki tinggi dan kusut rambutnya membawa kambing-kambing untuk dijual. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya:”Apakah ia untuk dijual atau di hadiahkan? Lelaki itu menjawab:” Tidak! Bahkan ia untuk dijual”. Maka dibeli darinya seekor kambing.

Setelah disembelih, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan supaya diambil hatinya untuk dipanggang. Dia (Abdurrahman bin Abu Bakar) berkata:” Demi Allah! Setiap seratus tiga puluh  orang itu, kesemuanya mendapat sepotong hati kambing dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jika orang itu ada bersama, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikannya. Jika sebaliknya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyimpan untuknya.
Makanan itu dibagikan kepada dua talam. Kami makan dari kedua talam itu sehingga kenyang. Lebihan yang terdapat pada kedua talam tersebut dibawa keatas unta atau mungkin juga riwayatnya begitu. (Shahih Bukhari-Muslim)

Tidak ada komentar: