Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Minggu, November 23, 2014

Orang Kafir Disiksa Dengan Air Sangat Panas



Pernahkah terbayangkan bagaimana sakitnya ketika seseorang diseret ketengah-tengah neraka. Kemudian, kepala dipukul dengan besi sehingga terbukalah otaknya. Setelah itu, air yang sangat panas dikucurkan keatas kepalanya, lalu turun ke badannya. Air panas ini menghancurkan usus didalam perut sehingga merembes dari kedua matakakinya. Inilah siksa yang akan dialami oleh orang kafir. Oleh sebab itu, bersyukurlah ketika iman sudah ada didalam diri. Sepatutnya kita berusaha sungguh-sungguh memelihara keimanan itu sampai ke akhir hayat. Keimanan yang dibarengi dengan beramal saleh.
Siksaan untuk orang kafir tersebut tertuang dalam Al-Qur’an surah Ad-Dukhaan ayat 43 sd 48. Penjelasannya dapat ditemukan di dalam Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir.
Sesungguhnya pohon zaqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. Sebagai kotoran minyak yang mendidih didalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas. Peganglah dia kemudian seretlah dia ketengah-tengah neraka. Kemudian tuangkanlah diatas kepalanya siksaan air yang sangat panas. (QS. Ad-Dukhaan: 43-48)

Allah SWT memberitakan tentang sesuatu yang dijadikan sebagai siksaan bagi orang-orang kafir. “Sesungguhnya pohon zaqum itu, makanan orang yang banyak berdosa.” Yang dimaksud  orang yang berdosa disini adalah orang kafir. Dikatakan, bahwa dia adalah Abu Jahal, tetapi termasuk pula orang-orang kafir lainnya. Jika setetes pohon ini jatuh ke bumi, pasti akan merusak sendi-sendi kehidupan penduduknya. Pernyataan seperti ini telah dikemukakan secara marfu’, yaitu didalam surah ash-Shaaffat, ketika menafsirkan ayat 62. Firman Allah,” Dia sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas,” saking panas dan hinanya.
Firman Allah SWT selanjutnya,”Peganglah ia,” hai orang kafir,” kemudian seretlah ia,” yaitu seretlah ia dengan sekaligus pada punggungnya,” ketengah-tengah neraka”. Kemudian tuangkanlah diatas kepalanya siksaan air yang sangat panas.” Karena, malaikat Malik akan memukulnya dengan alat pemukul kepala yang terbuat dari besi sehingga terbukalah otaknya, kemudian air yang sangat panas itu pun dikucurkan keatas kepalanya itu, lalu turun ke badannya. Kemudian air ini menghancurkan usus dalam perutnya sehingga merembes dari kedua matakakinya. Semoga Allah SWT melindungi kita dari siksaan seperti ini. (Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Muhammad Nasib Ar-Rifa’i)
Pekanbaru, Nopember 2014

Tidak ada komentar: