Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, Januari 29, 2015

Antara Berbakti Kepada Orang Tua Dan Berjihat Di Jalan Allah



Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam sangat-sangat menekankan kepada umatnya agar berusaha sungguh-sungguh berbakti kepada orang tua. Salah satu bukti sangat pentingnya berbakti kepada orang tua itu, dikemukakan dalam sebuah hadits:
Dari Abdullah bin Amru bin ‘Ash, dia berkata:” Pernah seseorang datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam untuk minta izin ikut berjihat. Nabi bertanya kepada orang itu, apakah kedua orang tuamu masih hidup? Orang itu menjawab,’Masih’. Beliau berkata:” Silakan kamu berjihat dengan berbuat baik kepada orang tuamu”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abdullah bin Mas’ud r.a dia berkata:” Saya pernah bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, amalan apa yang paling dicintai oleh Allah? Beliau menjawab:’ Shalat tepat pada waktunya”. Saya bertanya lagi, kemudian apa? Beliau menjawab:” Berbuat baik kepada orang tua”. Saya bertanya lagi, kemudian apa? Beliau menjawab:’ Berjihat dijalan Allah”.
Dari dua hadits diatas, dapat kita pahami, bahwa berbuat baik kepada orang tua itu merupakan amalan yang sangat penting untuk kita laksanakan. Bahkan, berbuat baik kepada orang tua, lebih penting daripada berjihat dijalan Allah.
Pekanbaru, Desember 2014.

Tidak ada komentar: