Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, Juni 04, 2015

Allah Menyuruh Agar Takut Terhadap Hari Kiamat



Hari Kiamat itu pasti datangnya. Kondisi pada waktu itu, sangat layak untuk ditakuti. Allah Ta’ala menyuruh kita untuk merasa takut terhadap Hari Kiamat. Salah satu kondisi pada Hari Kiamat ialah, jika ayah ingin menebus anaknya dengan dirinya maka tidak akan diterima. Demikian pula apabila anak hendak menebus ayahnya dengan dirinya, maka tidak akan diterima. Penjelasan mengenai hal ini, dikemukakan dalam Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir.
Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu dan takutlah akan suatu hari pada saat seorang bapak tidak dapat menolong anaknya dan seorang anak tidak dapat menolong bapaknya sedikitpun. Sesungguhnya, janji Allah adalah benar, maka jangan sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu dan jangan pula penipu memperdayakan kamu dalam menaati Allah. (QS. Luqman 33)

Allah memperingatkan manusia akan hari berbangkit, menyuruh mereka bertakwa kepada-Nya, takut dan khawatir terhadap hari kiamat. Pada saat itu,” Seorang bapak tidak dapat menolong anaknya”. Jika ayah ingin menebus anaknya dengan dirinya maka tidak akan diterima. Demikian pula apabila anak hendak menebus ayahnya dengan dirinya, maka tidak akan diterima.
Kemudian, Allah kembali menasehati mereka,”Maka, jangan sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu,” yaitu jangan sekali-kali ketenteraman di dunia membuatmu lupa akan akhirat. “Dan jangan pula penipu memperdayakan kamu dalam menaati Allah”. Yang dimaksud al-gharur disini ialah setan karena dia memperdaya anak Adam, memberinya janji-janji dan harapan hampa. Penggalan ini seperti firman Allah,”Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka”.(An-Nisaa’ 120)
(Pekanbaru, Juni 2015)

Tidak ada komentar: