Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Sabtu, Oktober 28, 2017

Meskipun Banyaknya Yang Buruk Itu Menarik Hatimu



“Katakanlah,” Tidaklah sama antara yang buruk dan yang baik meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu; maka bertakwalah kepada Allah,  hai orang-orang yang berakal, agar kamu mendapat keberuntungan. (QS. Al-Maa’idah, 100)
Mengenai ayat ini, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir oleh Muhammad Nasib ar-Rifa’i menjelaskan, Allah Ta’ala berfirman kepada Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam, “Katakanlah,”(hai Muhammad) Tidaklah sama antara yang buruk dan yang baik meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu; wahai manusia, yaitu yang sedikit, halal dan bermanfaat adalah lebih baik daripada yang banyak, haram dan merugikan.
Dalam sebuah hadits dikatakan:
Sesuatu yang sedikit namun mencukupi adalah lebih baik daripada yang banyak dan melalaikan.
“Maka bertakwalah kepada Allah, hai orang-orang yang berakal”, yaitu yang memiliki akal sehat dan lurus. Jauhkanlah dan tinggalkanlah perkara haram, ambillah perkara halal dan cukupkanlah dengannya “agar kamu mendapat keberuntungan”. (Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Muhammad Nasib Ar-Rifa’i)
Pekanbaru, Oktober 2017.

Tidak ada komentar: