Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, Oktober 21, 2010

Jangan Takut, Mintalah Pertolongan Kepada Allah


 Dari Abu Abbas Abdillah bin Abbas ra berkata : "Suatu hari aku berada dibelakang Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. Lalu beliau bersabda : Wahai anak muda! Sesungguhnya aku hendak mengajarkan padamu beberapa kalimat yaitu Jagalah Allah pasti Dia akan menjaga dirimu, Peliharalah Allah tentu engkau dapati Dia akan memuliakan dirimu. Kalau engkau hendak meminta sesuatu, mohonlah kepada Allah. Bila engkau mengharapkan pertolongan, mohonlah pertolongan kepada Allah juga. Ketahuilah, bahwa meski bagaimanapun sekelompok orang bersepakat untuk memberikan suatu manfaat kepadamu, mereka pasti takkan dapat melakukannya kecuali bila sesuatu manfaat itu memang benar-benar telah ditetapkan oleh Allah bagimu. Sebaliknya, jika mereka bersepakat buat menimpakan suatu musibah/bahaya pada dirimu, mereka tentu takkan kuasa hendak melaksanakannya kecuali bila suatu musibah tersebut sungguh-sungguh sudah dicatat oleh Allah atas dirimu. Tangkai pena telah menuliskannya dan lembaran catatanpun keringlah sudah. ( HR. At- Tirmidzi)
Hampir setiap hari media cetak dan media elektronik membuat berita tentang kejadian yang tidak kita inginkan. Selalu saja ada berita terjadinya tindak kejahatan. Berita kejahatan itu dapat berupa perampokan, pembunuhan, pencurian, penculikan, pelecehan dan lain-lain. Tempat kejadiannyapun tidak hanya diperkotaan, tetapi juga di pinggir kota atau di pedesaan.
Melihat dan membaca berita-berita tentang kejahatan itu boleh jadi menimbulkan kekhawatiran bahkan ketakutan. Khawatir dan takut berpengaruh kepada kehidupan. Hidup terasa kurang/tidak nyaman.
Dengan meyakini kebenaran hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam, hidup akan terasa lebih nyaman. “… jika mereka bersepakat buat menimpakan suatu musibah/bahaya pada dirimu, mereka tentu takkan kuasa hendak melaksanakannya kecuali bila suatu musibah tersebut sungguh-sungguh sudah dicatat oleh Allah atas dirimu…”
Berusaha mencegah dan menghindari terjadinya kejahatan memang perlu. Tetapi rasa takut kepada pelaku kejahatan tidak perlu ada. Musibah atau bahaya yang menimpa kita adalah ketentuan Allah SWT. Karena itu, pelihara dan simpan baik-baik rasa takut kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar: