Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, November 11, 2010

Banyak cara Bersedekah


Setiap anggota badan manusia wajib atasnya sedekah, setiap hari bila terbit matahari engkau damaikan antara dua orang yang berselisih, itu adalah sedekah dan menolong orang berkenaan dengan kendaraannya, engkau mengangkatnya atau mengangkat barang-barangnya keatas kendaraan , itu adalah sedekah, dan setiap langkah untuk shalat adalah sedekah. Dan menyingkirkan sesuatu rintangan dari jalan adalah sedekah. (HR. Bukhari-Muslim)
Bersedekah dengan harta, memang sangat dianjurkan. Itu termasuk menafkahkan harta di jalan Allah. Itu salah satu tanda ketaqwaan. Namun, sedekah mencakup banyak hal. Diantaranya, mendamaikan dua orang yang berselisih, menolong orang yang berkendaraan, setiap langkah untuk shalat serta menyingkirkan rintangan dijalan.
Patut di sadari, keempat hal itu berhubungan dengan keseharian kita. Artinya, dapat dilakukan setiap hari. Apabila sedekah-sedekah itu diamalkan dengan baik oleh siapapun, tentu akan terasa suasana keseharian yang nyaman untuk semua.
Perselisihan tidak akan berkepanjangan, karena selalu ada yang berusaha mendamaikan. Membawa kendaraan lebih nyaman, karena bila terjadi sesuatu berkenaan dengan kendaraan atau muatannya, selalu ada yang siap memberikan pertolongan. Mesjid-mesjid akan menjadi ramai, karena banyak yang melangkah menuju kesana. Jalanan menjadi lancar, karena setiap rintangan, apapun bentuknya, selalu ada yang akan menyingkirkan. Alangkah indahnya kehidupan ini
Pekanbaru, 9 Nopember 2010

Tidak ada komentar: