Al-Qur'an

Sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya. (QS Asy-Syams: 9-10)

Sabtu, November 13, 2010

Cara Memperlakukan Hewan

Dari Abu Khurairah, Rasulullah saw bersabda :” Telah diampuni seorang pelacur sesudah melalui anjing yang berada ditepi sumur yang hampir mati kehausan. Perempuan ini membuka sepatunya lalu mengikatnya dengan kerudungnya untuk menimba mengambil air buat anjing itu. Maka diampunilah dosanya oleh Allah dengan perbuatan itu”. ( HR. Bukhari)
Dalam kehidupan didunia ini, disamping manusia, Allah SWT juga menciptakan hewan. Kehadiran hewan-hewan itu tidaklah sia-sia. Banyak manfaat diperoleh manusia dari hewan. Manfaat itu antara lain dapat menjadi makanan, peralatan, maupun tunggangan (kendaraan ).
Disamping mengambil manfaat dari kehadiran hewan-hewan tersebut, kita juga seyogianya memperlakukan hewan dengan baik. Dari hadis diatas, dapat diambil pengajaran bahwa dengan berbuat baik kepada hewan, memberi peluang untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Seorang pelacur mendapatkan ampunan Allah SWT disebabkan memberi minum seekor anjing yang kehausan.
Pekanbaru, 13 Nopember 2010.

Tidak ada komentar:

Loading...