Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Minggu, November 14, 2010

Semangat Melaksanakan Ibadah Qurban

Siapa yang mempunyai kemampuan berqurban tetapi tidak mau melakukannya, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami. ( HR. Ahmad).

Dalam daftar peserta qurban yang ditempel di dinding Masjid ini, sudah terdaftar untuk 12 ekor sapi. Cukup banyak. Padahal. Disekitar masjid bukanlah pemukiman padat penduduk. Ini berarti, semangat berqurban warganya cukup tinggi. Alhamdulillah.

Perintah untuk berqurban itu, dinyatakan Allah SWT setelah perintah shalat. Kemudian, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menegaskan lagi agar yang mempunyai kemampuan ikut berqurban. Hal ini patut menjadi tuntunan bagi umat muslim. Untuk kondisi sekarang ini, sepertinya semangat berqurban sudah lumayan tinggi.

Mudah-mudahan hewan qurban ini memberi manfaat. Bagi yang berkemampuan, ikut berqurban menjadi bukti keimanan. Luruskan niat benar-benar karena Allah SWT. Sedangkan daging qurban dapat dinikmati bersama-sama, walaupun jumlahnya terbatas. Kebersamaan dalam penyelenggaraan qurban itu, dapat pula menjadi ajang silaturrahmi. Sebab, sudah menjadi kelaziman ditengah masyarakat untuk ikut beramai-ramai menyaksikan pemotongan hewan kurban. Bahkan sudah menjadi agenda khusus di Hari Raya Idul Adha.

Pekanbaru, 14 Nopember 2010

Tidak ada komentar: