Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Jumat, November 19, 2010

Mukmin Yang Kuat Dan Mukmin Yang Lemah Sama-Sama Mempunyai Kelebihan

Dari Abu Hurairah RA, katanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda : Orang mukmin yang kuat (jasmani dan rohani) lebih disukai Allah daripada orang mukmin yang lemah. Namun begitu, keduanya sama-sama mempunyai kelebihan. Jagalah agar kamu selalu dalam situasi yang bermanfaat bagi dirimu, dan mohonlah selalu pertolongan kepada Allah dan jangan bosan/malas. Jika engkau mendapat cobaan, jangan berkata ; seandainya ( tadi )aku berbuat begini dan begitu (tentu tidak akan begini jadinya). Tetapi ucapkanlah Allah Maha Kuasa dan berbuat sekehendakNya. Karena kata seandainya memberi peluang bagi setan. (HR. Muslim)

Membaca hadits ini, mendorong kita berusaha untuk menjadi kuat jasmani dan rokhani agar mendapatkan cinta Allah SWT. Untuk memperkuat jasmani, dilakukan olah raga, makanan yang baik, asupan vitamin, dan lain-lain. Memperkuat rokhani, terutama dengan menambah ilmu pengetahuan. Pemahaman tentang akidah dan syariat, memang perlu terus dilakukan agar iman makin kuat. Kuatnya iman adalah indikator kekuatan rokhani.


Anugerah Allah SWT tidak selalu sama untuk setiap orang. Menurut hadits ini, yang kuat maupun yang lemah sama-sama memiliki kelebihan. Begitu indahnya ajaran Islam. Yang merasa lemah, teruslah berupaya memperkuat diri. Boleh saja jasmani tidak begitu kuat, tetapi iman patut terus diperkuat. Keyakinan akan kekuasaan Allah SWT, akan memberi kekuatan dan semangat. Sebaliknya, mukmin yang kuat, tidaklah pantas merasa lebih dari yang lain. Semua yang dimiliki datang nya dari Allah SWT.
Pekanbaru, 19 Nopember 2010

Tidak ada komentar: