Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Selasa, November 30, 2010

Buah-Buahan Yang Dimakan Hewan Itu Sedekah

Diantara sekian banyak kegiatan yang bermanfaat adalah berkebun. Banyak yang melakukannya, baik untuk usaha maupun sekedar hobbi. Dengan perawatan yang baik, pada saatnya, pohon yang ditanam akan berbuah. Buah ini mengundang manusia maupun hewan untuk memakannya. Tidak jarang, buah dari pohon yang kita tanam berkurang ataupun rusak oleh ulah orang lain atau hewan.
Menghadapi kondisi seperti ini, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memberikan tuntunan. “Tidak sebatang pohonpun yang ditanam oleh seorang muslim, begitupun tidak satu tanaman yang tumbuh karena usahanya, hingga dimakan orang hasilnya, dan tidak seekor hewanpun, serta tidak sesuatu apapun kecuali akan menjadi sedekah baginya. ( HR. Bukhari).
Merawat tanaman agar memberikan hasil, memang perlu dilakukan sungguh-sungguh. Namun, ketika telah berhasil (berbuah), ikhlaskanlah apabila sebagian dari buahnya diambil orang atau dimakan hewan. Semuanya itu bernilai sedekah.
Dari tuntunan hadits ini, terlihat bahwa Islam itu mengajarkan umatnya untuk tidak mementingkan diri sendiri. Hasil jerih payah kita, patut juga dinikmati oleh orang lain, termasuk hewan. Semakin nyata bahwa, pengamalan Islam secara baik dan benar membuat kehidupan menjadi nyaman. Tidak hanya untuk manusia, tetapi juga hewan.
Pekanbaru, 29 Nopember 2010

Tidak ada komentar: