Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Jumat, Mei 20, 2011

Etika Minum Islami


Jangan kamu minum sekaligus bagaikan unta, akan tetapi minumlah dua atau tiga kali dan bacalah nama Allah ( basmallah) jika akan minum, dan bacalah al hamdulillah (hamdallah) jika selessai minum. ( HR. Tirmidzi)
Annas ra berkata, bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam telah melarang orang minum sambil berdiri, Qatadah bertanya kepada Annas, Kalau makan bagaimana? Kalau makan berdiri lebih busuk dan jahat. ( HR. Muslim)
Ajaran Islam sungguh memberikan pedoman yang lengkap dan sempurna. Hal ini patut benar-benar diyakini. Dengan keyakinan itu, terhindar dari rasa keberatan untuk melaksanakannya. Juga, tidak perlu mencari-cari dalih untuk tidak dapat melaksanakan. Sesungguhnya, tata-cara Islami itu tidaklah memberatkan.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah memberi banyak kemudahan dalam urusan manusia. Termasuklah urusan minum. Minuman dalam kemasan sangat mudah menemukannya.  Seyogianya, kemudahan itu memunculkan rasa syukur kepada Allah SWT.  Bukankah semua kemudahan didunia ini datangnya dari Allah SWT? Salah satu cara bersyukur ialah dengan melaksanakan ketentuan-Nya.
Insyaalah...
Pekanbaru, 20 Mei 2011

Tidak ada komentar: