Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Senin, Mei 23, 2011

Menangis Karena Takut Kepada Allah Tidak Akan Masuk Neraka

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena merasa takut kepada Allah sampai susu (yang telah diperah) bisa masuk kembali ke tempat keluarnya.” (HR. Tirmidzi )
Sepasang suami isteri, akan merasa bahagia ketika mendengar suara tangisan pertama bayinya. Sebaliknya, akan terdengar banyak tangisan ketika sesosok tubuh terbujur kaku sudah tidak bernyawa.  Dua tangisan ini  biasa terjadi.
Berarti, kita semua kemungkinan besar pernah menangis dan mungkin juga satu saat nanti, akan ditangisi. Memang, tidak ada larangan menangis didalam ajaran Islam.

Pertanyaannya, sudah pernahkah kita menangis karena merasa takut kepada Allah SWT?  Menangis seperti itu sangat bernilai.  Semua juga tahu, bahwa neraka itu tempat terburuk. Amat sangat menyengsarakan. Tempat yang sangat-sangat perlu dihindari.
Untuk terhindar dari tempat terburuk itu, mumpung masih ada waktu,  menangislah puas-puas karena merasa takut kepada Allah SWT. Takut karena pernah meninggalkan perintah-Nya. Takut karena pernah mengerjakan larangan-Nya.
Pekanbaru, 23 Mei 2011

Tidak ada komentar: