Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Senin, Mei 30, 2011

Orang Yang Enggan Masuk Surga

Dari Abu Hurairah ra,bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :" Seluruh umatku akan masuk surga, kecuali yang enggan ". Para sahabat bertanya, siapakah yang enggan wahai Rasulullah? Beliau menjawab :' Barang siapa yang mentaatiku, maka ia akan masuk surga. Dan barang siapa yang bermaksiat kepadaku, maka dialah yang enggan". ( HR. Bukhari)

Ternyata ada diantara manusia yang enggan masuk surga. Yaitu yang tidak mentaati (bermaksiat) kepada Rasululllah Shallalahu Alaihi Wasallam. Alangkah sombongnya, masuk surga saja enggan. Mudah-mudahan kita tidak termasuk golongan ini. Kita ingin masuk surga.
Untuk bisa menjadi umat yang mentaati Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, kita perlu banyak belajar mengenai ajaran yang dibawanya. Mana mungkin kita dapat mentaati Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam jika tidak mempunyai ilmu tentang Al Qur’an dan sunnah Nabi.
Telah ku tinggalkan untuk kalian dua perkara yang (selama kalian berpegang teguh dengan keduanya) kalian tidak akan tersesat, yaitu Kitabullah dan Sunnah-ku”. ( HR. Al Hakim)


Cukup jelas, bahwa Kitabullah (Al Qur’an) dan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam itu adalah pegangan hidup. Artinya, kehidupan ini dijalankan sesuai dengan keduanya. Karena itu, teruslah kita bersama-sama mempelajari Al Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Kemudian mengamalkannya. Dengan demikian, kita telah berusaha membuktikan bahwa kita tidak termasuk golongan yang enggan masuk surga.
Pekanbaru,  27 Mei 2011

Tidak ada komentar: