Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Jumat, Juni 17, 2011

Dosa Dapat Menahan Rezki


Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: ”Sesungguhnya seorang hamba bisa tertahan rizkinya karena dosa yang dilakukannya.”(HR.Ahmad, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah).
Secara umum, manusia tentu berusaha dengan sekuat tenaga untuk mendapatkan rezeki yang lebih banyak dan lebih baik. Berbagai upaya dilakukan. Namun, tidak semua memperoleh rezeki sesuai yang diinginkan. Sudah berusaha bermacam cara, kehidupan tidak juga berubah. Rezeki yang diharap-harapkan tidak  kunjung datang.
Menghadapi situasinya seperti ini, ada baiknya melakukan introspeksi diri. Berapa banyak kesalahan yang dilakukan. Berapa banyak perintah Allah SWT  yang belum dilaksanakan. Berapa banyak larangan-Nya yang belum ditinggalkan. Sebagai manusia biasa, tentu memiliki dosa. Berdasarkan hadits diatas, dosa dapat menghambat datangnya rezeki.
Sesuai dengan kodratnya, manusia menginginkan kehidupan lebih baik. Ajaran Islam memang menghendaki agar umatnya berusaha sungguh-sungguh untuk mendapat kehidupan yang baik, yaitu kebahagiaan didunia dan kebahagiaan di akhirat.
Allah SWT Maha Pengampun. Dengan selalu mohon ampunan-Nya, kita berharap rezeki tidak terhambat lagi. Kehidupan akan semakin baik. Baik menurut ukuran Islam. Lebih dari itu, dengan ampunan Allah SWT, kita akan mendapatkan kebahagiaan diakhirat nanti. Insyaallah...
Pekanbaru, 8 Juni 2011

Tidak ada komentar: