Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Senin, Desember 26, 2011

Tuntunan Shalat Bagi Laki-Laki


Shalat laki-laki berjamaah berlipat ganda (pahalanya) lebih dari shalat dirumahnya dan dipasarnya dengan dua puluh lima derajat. ( HR. Bukhari)
Abu Khurairah ra berkata, telah datang kepada Nabi SAW seorang buta, lalu ia berkata: “ Ya Rasulullah, sesungguhnya saya tidak mempunyai penuntun yang bisa menuntun saya ke masjid, tetapi setelah ia berpaling (hendak ) pergi, beliau memanggil lagi. Lalu berkata :” Adakah engkau dengar azan untuk shalat? Ia menjawab, ada. Sabda Rasulullah, kalau begitu, hendaklah engkau datang. ( HR. Muslim)
Orang buta saja, disuruh Rasulullah saw agar datang shalat ke masjid. Masih ada hadis-hadis lainnya yang memberi petunjuk tentang pentingnya shalat berjamaah di masjid bagi laki-laki. Sudah sepatutnya, kita berusaha melaksanakan tuntunan dari Rasulullah saw itu dengan sebaik-baiknya.
Sekarang ini, tidaklah sulit menemukan masjid. Baik di kota maupun di pedesaan sudah banyak dibangun. Termasuk juga disiapkannya tempat wudu. Masuknya waktu shalat lima waktu,  ditandai pula dengan azan menggunakan pengeras suara. Dapat didengar dari jarak yang cukup jauh.
Banyak kemudahan dalam melaksanakan shalat berjamaah di masjid. Jadi, buanglah jauh-jauh berbagai alasan untuk tidak mendatangi masjid ketika mendengar azan, kecuali memang ada azur/halangan yang dibolehkan syari’at. Lebih baik lagi datang ke masjid sebelum masuk waktu shalat lima waktu.  Dengan menjadikan shalat lima waktu berjamaah di masjid sebagai aktivitas keseharian, akan terasa adanya keteraturan didalam menjalani kehidupan.
Pekanbaru, 7 Desember 2011


Tidak ada komentar: