Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Minggu, Februari 12, 2012

Arti Kata dan Definisi Al Qur'an


“Qur’an” menurut pendapat yang paling kuat seperti yang di kemukakan Dr. Subhi Al Salih, berarti “bacaan”, asal kata qara’a. Kata Al Qur’an itu berbentuk masdar dengan arti isim maf’ul yaitu maqru’ (dibaca).
Didalam Al Qur’an sendiri ada pemakaian kata “Qur’an” dalam arti demikian sebagai tersebut dalam ayat 17, 18 surat (75) Al Qiyaamah:
Artinya: “ Sesungguhnya mengumpulkan Al Qur’an (didalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggungan Kami. (Karena itu), jika Kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikuti bacaannya”.

Kemudian dipakai kata”Qur’an” itu untuk Al Qur’an yang dikenal sekarang ini. Adapun definisi Al Qur’an ialah : “ Kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat  yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad saw dan yang ditulis di mushaf  dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah”.
Dengan definisi ini, Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi-Nabi sebelum Nabi Muhammad saw tidak dinamakan Al Qur’an seperti Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa as, atau Injil yang diturunkan kepada Nabi’Isa as. Demikian pula Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw yang membacanya tidak dianggap sebagai ibadah, seperti Hadis Qudsi, tidak pula dinamakan Al Qur’an.
(Sumber: Al Qur’an Dan Terjemahnya, Wakaf Dari Pelayan Dua Tanah Suci  Raja Abdullah bin Abdul Aziz Ali Sa’ud )

Tidak ada komentar: