Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Minggu, April 15, 2012

Ciri-Ciri Iman Yang Kuat


Peringkat iman dan kekuatannya berbeda antara satu saat dan saat lainnya. Begitu pula dengan kekuatan iman masing-masing manusia, berbeda antara satu dengan lainnya. Dalam suatu riwayat, disebutkan bahwa  Al immanu yaziidu wa yanqushu (iman itu fluktuatif, dapat bertambah dan bisa juga berkurang). Karena itulah kita wajib merawat iman agar tetap prima.
Seseorang dapat dikatakan memiliki iman yang kuat bila memenuhi ciri-ciri sebagai berikut :

1.      Memiliki jiwa muraqabah, artinya selalu merasa dilihat, ditatap dan diawasi Allah SWT.
2.      Hatinya mudah tersentuh dengan nasehat-nasehat agama.
3.      Berjiwa tawakal, pasrah kepada Allah setelah berikhtiar dengan sungguh-sungguh.
4.      Selalu berkomunikasi dengan Allah dengan shalat dan do’a,
5.      Memiliki kepekaan sosial, sehingga selalu menyisihkan sebagian hartanya untuk fakir miskin.
Ciri-ciri ini diambil dari firman Allah, “ Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka, dan kepada Tuhanlah mereka bertawakal. Yaitu orang-orang yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan pada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian disisi Tuhannya dan ampunan serta nikmat yang mulia. ( QS. Al Anfal 8: 2-4)
( Sumber: Aam Amiruddin, Tafsir Al Quran Kontemporer Juz Amma Jilid I)

Tidak ada komentar: