Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, Mei 03, 2012

Bersiwak Bikin Jantung Sehat

“Kalau bukan karena akan memberatkan umatku, tentulah kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan shalat”, demikian kata Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih dari 14 abad lalu, dalam satu Hadist yang diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim.
Kita semua mahfum, bersiwak alias membersihkan gigi, pasti membuat gigi dan mulut lebih bersih. Ini sesuai penelitian yang menunjukkan manfaat membersihkan gigi ternyata sampai menembus ke jantung.

Peneliti di Taiwan menemukan, orang yang rajin membersihkan gigi secara baik, memiliki resiko terkena serangan jantung lebih rendah 24 % dari pada mereka yang tidak membersihkan giginya. Selain itu, resiko serangan stroke juga lebih rendah 13 %.
Dalam pertemuan Asosiasi Jantung Amerika di Orlando bulan lalu, para peneliti menjelaskan, pembersihan gigi secara seksama membantu mengurangi radang akibat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan serangan jantung.
Menurut Dr. Zu Yin Chen, pakar jantung di Rumah Sakit Umum Veteran  di Taipei yang mempresentasikan  temuannya, lebih sering membersihkan gigi semakin memperkecil resiko serangan jantung dan stroke. Nah, ayo kita rajin bersiwak! Selain sehat, juga berpahala mengikuti sunnah.
(Sumber: Suara Hidayatullah Desember 2011)

Tidak ada komentar: