Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Minggu, Juni 17, 2012

Cegah Kemungkaran Agar Do'a Diterima


Demi Allah yang jiwaku ada ditangan-Nya, hendaklah kamu menganjurkan kebaikan dan mencegah yang munkar, atau kalau tidak, pasti Allah akan menurunkan siksa padamu, kemudian kamu berdo’a, maka tidak diterima do’a kamu. ( HR. At Tirmidzi)
Siapa diantara kamu melihat kemunkaran, maka rubahlah dengan tanganmu, bila tidak sanggup maka rubahlah dengan lisanmu, apabila tidak dapat maka rubahlah dengan hatimu dan ini selemah-lemahnya iman. ( HR. Muslim)
Pernahkah anda diberi sesuatu oleh anak atau cucu? Ada baiknya bertanya sungguh-sungguh dari mana si anak atau si cucu mendapatkannya. Boleh jadi si anak atau si cucu mendapatkannya tidak melalui jalan yang halal. Boleh jadi sesuatu itu diambil tanpa se izin dari pemiliknya. Ketegasan kita sebagai orang tua menolak sesuatu yang tidak halal, berpengaruh besar terhadap perilaku anak-anak.

Mengambil sesuatu yang bukan milik, merupakan sebuah kemunkaran. Sekecil apapun sebuah kemunkaran patut dicegah. Apalagi jika kemunkaran itu dilakukan oleh orang dewasa dan dilihat anak-anak. Sejak dini, anak-anak perlu memahami perbuatan yang dilarang.
Merupakan sebuah kecerdasan yang patut kita miliki untuk memanfaatkan momen-momen tertentu dalam menanamkan nilai-nilai agama kepada anak-anak. Berikanlah pencerahan agar anak-anak tidak memiliki keinginan sekecil apapun untuk mengambil hak orang lain. Ketika anak-anak meminta buah-buahan di pekarangan orang lain, katakan bahwa itu tidak boleh dilakukan, walaupun pemiliknya tidak melihat.
Mencegah kemunkaran sangat perlu dilakukan. Kita sangat-sangat membutuhkan pertolongan Allah SWT. Untuk itulah kita berdo’a. Agar do’a kita tidak sia-sia, berusahalah mencegah kemunkaran. Wallahu a’lam...
Pekanbaru, Mei 2012

Tidak ada komentar: