Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, September 20, 2012

Agama Disisi Allah Ialah Islam

Sesungguhnya agama pada sisi Allah ialah islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang diberi Al-kitab kecuali setelah datang kepada mereka pengetahuan, lantaran kedengkian diantara mereka. Barangsiapa yang kafir kepada ayat-ayat Allah, maka sesungguhnya Allah sangat cepat perhitungan-Nya. (QS. Ali Imran 3: 19)
Didalam Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan, firman Allah :” Sesungguhnya agama pada sisi Allah ialah Islam”. Penggalan ini merupakan pemberitahuan dari Allah bahwa tiada agama, menurut-Nya, yang dapat diterima dari seseorang kecuali agama Islam. Islam merupakan panutan para rasul dan mereka diutus Allah dengan membawa Islam hingga Allah mengakhiri rasul dengan Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menutup seluruh jalan kepada Allah kecuali melalui arah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Barangsiapa meninggal setelah diutusnya Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sedang dia membawa agama yang tidak sejalan dengan syariat Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka dia ditolak. Sebagaimana Allah berfirman,”.Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidak akan diterima daripadanya".


Sungguh beruntunglah kita yang telah menjadi penganut agama Islam. Sebab kita telah menganut agama yang di tetapkan oleh Allah SWT. Sebuah keberuntungan yang tidak diperoleh semua manusia.
Disamping merasa beruntung, kita seyogianya banyak-banyak bersyukur kepada Allah SWT yang memberi petunjuk dan hidayah  sehingga kita termasuk kedalam orang-orang yang beragama Islam. Sebagai seorang penganut agama Islam, sudah sepatutnya pola fikir, sikap dan perilaku kita sesuai dengan nilai-nilai Islam itu.
Satu-satunya pilihan agar pola fikir, sikap dan perilaku kita dapat sesuai dengan nilai-nilai Islam, adalah dengan terus mempelajari, memahami dan mengamalkan Al Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberi banyak kemudahan bagi kita untuk melakukan hal itu.
 (Pekanbaru, September 2012)

Tidak ada komentar: