Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Minggu, September 23, 2012

Menyimpan Daging Qurban

Dari Anas bin Malik, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berqurban dengan dua ekor kambing kibasy yang berpenampilan sempurna. Beliau sembelih sendiri dengan tangannya. Beliau membaca bismillah, bertaqbir dan meletakkan salah satu kaki beliau pada lambung kambing tersebut. (HR. Bukhari-Muslim)
Menurut Syaikh Al Utsaimin, qurban adalah binatang ternak yang disembelih pada hari-hari idul Adha untuk menyemarakkan hari raya dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah . Berqurban merupakan salah satu syiar Islam yang disyariatkan berdasarkan dalil Al Qur’an, Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Ijma’ (kesepakatan hukum) kaum muslimin. (Tatacara Qurban Tuntunan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam)

Melihat kenyataan sekarang ini, semangat melaksanakan qurban dikalangan umat Islam cukup menggembirakan. Cukup banyak jumlah hewan qurban yang disembelih di masjid-masjid. Hal ini tentu akan berdampak kepada pembagian daging hewan qurban. Jumlah warga masyarakat yang memperoleh daging qurban cukup banyak.
Dalam mensikapi perolehan daging qurban, perlu kita perhatikan tuntunan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dimasa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah terjadi kelaparan, maka Nabi bersabda: “ Barangsiapa diantara kalian berqurban, maka setelah tiga hari tidak boleh didalam rumahnya masih terdapat sisa hewan qurban.”  Pada tahun berikutnya, para sahabat bertanya, “ Wahai Rasulullah, kami harus berbuat sebagaimana yang telah kami lakukan pada tahun kemaren? Maka Nabi bersabda:” Makanlah daging hewan qurban, berilah makan kepada orang lain dan simpanlah. Karena pada tahun kemaren, orang-orang tengah mengalami kesulitan, maka aku ingin agar kalian turut membantu mereka pada tahun itu. (HR. Bukhari-Muslim)
(Pekanbaru, September 2012)


Tidak ada komentar: