Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Minggu, November 11, 2012

Cara Mencintai Allah Dan Mentaati Rasulullah SAW

Katakanlah, “ Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Ali Imran 3:31)
Menurut tafsir Ibnu Katsir, ayat yang mulia ini menjatuhkan hukuman kepada orang yang mengaku mencintai Allah sedang dia tidak mengikuti jalan Muhammad sebagai orang yang berdusta dalam pengakuannya itu sebelum dia mengikuti syariat Muhammad dalam seluruh perbuatannya. Hal ini ditegaskan dalam sahih dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda :” Barangsiapa yang melakukan suatu pekerjaan yang tidak sejalan dengan kami, maka ia ditolak”.

Oleh karena itu, Allah Ta’ala berfirman,” Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Jadi, kamu akan memperoleh suatu hasil yang ada dibalik tuntutan terhadapmu supaya kamu mencintai-Nya, yaitu kecintaan Dia kepada mu yang lebih besar daripada cinta kamu kepada-Nya. Para ahli hikmah mengatakan , “Persoalannya bukan kamu mencintai, namun kamu dicintai.” Kemudian Allah berfirman.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” Yakni, lantaran kamu mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam maka kamu memperoleh ampunan dan kasih sayang-Nya sebagai berkah kerasulannya. ( Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid I)
Dari penjelasan diatas, dapat kita pahami bahwa Allah SWT telah memerintahkan agar kita mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Untuk dapat menjadi pengikut yang baik, tentu saja kita dituntut untuk terus mempelajari secara cermat ajaran yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
(Pekanbaru, September 2012)

Tidak ada komentar: