Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, November 22, 2012

Tata Cara Berwudu


Diriwayatkan dari Abu Hurairah katanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:” Tidak akan diterima shalat seseorang yang berhadas sehingga dia berwudu”. (HR. Bukhari-Muslim)
Shalat merupakan ibadah yang memiliki kedudukan penting didalam ajaran Islam. Ada shalat wajib lima kali sehari semalam. Ada pula shalat sunat. Oleh sebab itu, berbagai kaidah agar shalat itu terlaksana dengan baik, patut menjadi perhatian sungguh-sungguh. Salah satu ketentuan yang perlu benar-benar diperhatikan adalah tata cara wudu. Kesempurnaan wudu, berakibat langsung kepada shalat.

Humran budak Utsman, telah menceritakan kepadanya, bahwa Utsman bin Affan meminta air untuk berwudu, kemudian dia membasuh dua tangan sebanyak tiga kali, kemudian berkumur-kumur serta memasuk dan mengeluarkan air dari hidung. Kemudian ia membasuh muka sebanyak tiga kali dan membasuh tangan kanannya hingga ke siku sebanyak tiga kali. Selepas itu, ia membasuh tangan kirinya sama seperti beliau membasuh tangan kanan, kemudian mengusap kepalanya dan membasuh kaki kanan hingga ke mata kaki sebanyak tiga kali. Selepas itu, ia membasuh kaki kiri, sama seperti membasuh kaki kanannya. Kemudian Utsman berkata, ‘Aku pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berwudu seperti cara aku berwudu.’ Kemudian dia berkata lagi, ‘Aku juga telah mendengar beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa mengambil wudu seperti cara aku berwudu kemudian dia menunaikan shalat dua rakaat dan tidak berkata-kata antara wudu dan shalat, maka Allah akan mengampunkan dosa-dosanya yang telah lalu.”(HR. Bukhari-Muslim)
Perlu pula diperhatikan, ketika membasuh kaki, tumit harus ikut terbasuh.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah, katanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melihat seorang lelaki tidak membasuh kedua tumitnyaketika mengambil wudu. Maka Nabi pun bersabda:” Celakalah bagi tumit-tumit yang tidak basah sewaktu berwudu dengan siksaan api neraka.” (HR. Bukhari-Muslim)
(Pekanbaru, September 2012)

Tidak ada komentar: