Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, Desember 13, 2012

Menghindar Dari Perasaan Rendah Diri (Minder)

Diriwayatkan dari  Anas bin Malik katanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:” Tiga perkara yang akan mengikuti mayat dan dua darinya akan pulang. Hanya satu saja yang akan bersamanya dalam kubur. Perkara tersebut ialah, kaum kerabat, harta benda dan amalannya. Semua kaum kerabat dan harta bendanya akan pulang sedangkan yang kekal bersamanya ialah amalannya. (HR. Bukhari-Muslim)
Memiliki kaum kerabat dan harta yang banyak, boleh jadi merupakan suatu kondisi yang diinginkan banyak orang. Jika kita berada pada kondisi itu, perlu benar-benar disadari bahwa waktu kebersamaan kita dengan kerabat dan harta benda itu amat sangat terbatas. Apakah pantas untuk kebersamaan yang terbatas itu kita memaksimalkan penggunaan tenaga dan pikiran ?

Pernahkah anda merasa rendah diri ketika berada ditengah-tengah lingkungan masyarakat. Kondisi anda tidak sama dengan orang-orang disekitar. Secara materi, banyak kelebihan yang dimiliki orang-orang disekeliling. Sedangkan kita banyak kurangnya. Jika perasaan minder itu datang, cerita berikut ini dapat menjadi motivasi dalam menjalani kehidupan di dunia. Cerita ini saya kutip dari buku “Mengatasi Cinta Dunia“.
Ada sebuah percakapan seorang bapak dengan anaknya:” Anak-anakku sekalian, apa kalian tidak malu punya rumah yang sederhana seperti ini, di gang yang sempit, kecil, dan tidak terlalu bagus?” Lalu anak-anaknya yang sholeh itu menjawab:” Mengapa harus malu Pa! Bukankah rumah yang besar ataupun yang sederhana semuanya sama-sama milik Allah? Tiada pemiliknya selain Dia yang Maha Memiliki. Bahkan enak lho Pa punya rumah yang mungil, lebih mudah mengurusnya. Insyaallah ringan hisabnya dan sulit menjadi sombong. Yang penting adalah barokah, yaitu bisa menjadi jalan taat kepada Allah. Dan semua itu hanya datang dari Allah, bagi penghuni rumah yang penuh rasa syukur”.
Demikianlah sekilas obrolan dari keluarga yang tidak silau dan tak tertipu oleh dunia ini yang tampaknya patut kita tiru dalam mengatasi perasaan minder. (Mengatasi Cinta Dunia, Abdullah Gymnastiar)
Perasaan rendah diri (minder) dapat berpengaruh buruk terhadap kehidupan. Lebih dari itu, perasaan rendah diri, dapat pula mengurangi rasa syukur kepada  Allah SWT yang telah memberi banyak nikmat kepada kita. Oleh sebab itu, perasaan rendah diri terhadap sesama manusia, tidak layak untuk dipelihara.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah katanya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :” Apabila seorang lelaki diantara kamu telah melihat orang yang Allah berikan kepadanya harta yang banyak dan anak-anak, maka dia hendaklah melihat kepada mereka yang lebih rendah (tidak mendapat karunia harta yang banyak atau anak-anak) darinya. (HR. Bukhari-Muslim)

(Pekanbaru, Nopember 2012)

Tidak ada komentar: