Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Minggu, Mei 12, 2013

Buah Semangka Dapat Meningkatkan Stamina


Dalam sebuah hadits riwayat Anas, ia berkata:” Pernah aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mencampur antara rutab (kurma segar) dan khirbiz (semacam buah semangka)”. (Riwayat Ahmad)
Dalam kehidupan keseharian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengonsumsi buah semangka bersama-sama dengan kurma atau anggur segar untuk kebugaran dan kesehatan. Menurut hasil penelitian, buah satu ini mengandung gula mannitol yang sangat baik untuk vitalitas dan menambah tenaga.
Ia juga mengandung pektin, karotin, sitrulin, vitamin c, niasin, riboflavin, thiamin, mineral-mineral, asam amino esensial (arginin, asam glutamat, glysin, leusin, dan valin) yang sangat baik untuk kesehatan tubuh (imunitas) karena membantu regenerasi sel-sel.

Buah ini juga berfungsi memerangi bibit kanker dalam tubuh. Dalam semangka terdapat likopen yang berasal dari  komponen karotenoid, seperti hal nya betakaroten. Dibanding anti oksidan lainnya, seperti vitamin C dan E, kekuatan likopen dalam memerangi radikal bebas jauh lebih ampuh. Radikal bebas terjadi karena pola makan yang kacau, polusi atau pikiran negatif, sehingga menurunkan kekebalan tubuh sehingga bibit kanker mudah tumbuh.
Likopen inilah yang mampu menumpas bibit kanker tersebut. Banyak makan semangka, dapat menyusutkan risiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita. Terhadap kanker pencernaan, likopen semangka mampu mencegahnya hingga risikonya berkurang separuhnya, seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar dan kanker anus. Begitu pula kanker prostat.
Selain itu, likopen berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda. Bagi lansia, semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.
Likopen ini juga menyumbangkan khasiat khusus untuk pria. Buah ini bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan stamina. Hasil penelitian menunjukkan. Bahwa senyawa sitrulin dalam semangka memiliki effek afrodisiak.
(Sumber: Suara Hidayatullah, Desember 2011)

Tidak ada komentar: