Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Minggu, September 29, 2013

Manfaat Mengunjungi Orang Sakit

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :’ Jika seseorang berkunjung kepada saudaranya yang muslim (yang sedang menderita sakit) maka seakan-akan dia berjalan-jalan disyurga hingga duduk. Apabila sudah duduk, maka dituruni rakhmat dengan deras. Apabila dia berkunjung dipagi hari maka 70 ribu malaikat mendoakannya agar mendapat rakhmat hingga sore hari. Apabila dia berkunjung disore hari, maka 70 ribu malaikat mendoakannya agar diberi rakhmat hingga pagi hari.’ ( H.R. Tirmidzi, Ibnu Majah)
Saling menjaga hubungan baik antara saudara dan kerabat, akan menjadikan kehidupan ini semakin bermakna. Kenyamanan akan semakin dirasakan. Salah satu upaya dalam menjaga hubungan baik itu adalah dengan mengunjungi orang sakit. Kunjungan itu memiliki arti tersendiri bagi si sakit maupun keluarganya.

Berdasarkan tuntunan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam diatas, besar sekali imbalan yang diperoleh ketika menjenguk orang sakit. Sudah sepatutnya, kita semakin termotivasi untuk selalu melakukannya.
Sebagai manusia biasa, kisa memang sangat-sangat membutuhkan rakhmat Allah SWT. Kita selalu berdo’a untuk mendapatkannya. Peluang untuk mendapatkan rakhmat Allah SWT itu semakin besar dengan adanya do’a dari 70.000 malaikat ketika kita mengunjungi orang sakit yang muslim.
(Pekanbaru, September 2012)



Tidak ada komentar: