Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Minggu, September 08, 2013

Tugas Nabi Muhammad SAW


Menurut riwayat, selama lebih kurang dua setengah tahun lamanya setelah menerima wahyu yang pertama, barulah Rasulullah menerima wahyu yang kedua. Dikala menunggu-nunggu kedatangan wahyu kedua itu, kembali Rasulullah diliputi perasaan cemas, dan khawatir kalau-kalau wahyu itu putus, malahan hampir saja beliau berputus asa, akan tetapi ditetapkannya hatinya dan beliau terus bertahannuts sebagaimana biasa di Gua Hira.
Tiba-tiba datanglah suara dari langit, beliau menengadah, tampaklah malaikat Jibril a.s  sehingga beliau menggigil ketakutan dan segera pulang kerumah, kemudian minta kepada Siti Khadijah supaya menyelimutinya. Dalam keadaan berselimut itu, datanglah Jibril a.s menyampaikan wahyu Allah yang kedua kepada beliau yang berbunyi:

Hai orang yang berselimut: Bangun dan berilah peringatan. Besarkanlah (nama) Tuhanmu, bersihkanlah pakaianmu, jauhilah perbuatan ma’siat, janganlah kamu memberi karena hendak memperoleh yang lebih banyak. Dan hendaklah kamu bersabar untuk memenuhi perintah Tuhanmu. (QS. Al Muddatstsir 74: 1-7)
Dengan turunnya wahyu ini, maka jelaslah sudah apa yang harus beliau kerjakan dalam menyampaikan risalah-Nya, yaitu mengajak umat manusia menyembah Allah Yang Maha Esa, yang tiada beranak dan tidak pula diperanakkan serta tidak sekutu bagi-Nya. Inilah permulaan perintah menyiarkan agama Allah kepada seluruh umat manusia.
(Sumber: Al-Qur’an dan Terjemahnya, Wakaf Dari Pelayan Dari Dua Tanah Suci, Abdullah bin Abdul Aziz Ali Sa’ud)

Tidak ada komentar: