Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Minggu, Agustus 03, 2014

Orang Yang Do'a nya Tidak Tertolak



Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan bahwa ada tiga golongan yang tidak tertolak do’a mereka; imam yang adil, orang yang berpuasa sehingga dia berbuka, dan orang teraniaya ketika sedang menanggung kesedihan. Penjelasan ini dapat ditemukan dalam Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Sebagai seorang muslim, tentu kita sangat berharap agar do’a kita selalu dikabulkan oleh Allah Ta’ala. Maka, berusahalah agar termasuk kedalam tiga golongan tersebut.
Lngkapnya penjelasan Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir tersebut ialah, Imam Ahmad meriwayatkan bahwa Abu Hurairah r.a berkata,” Kami berkata. Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami ini bila melihat engkau lunaklah hati-hati kami, dan kami merasa sebagai ahli akhirat. Namun, bila kami berpisah dengan engkau, maka kami tergiur dengan dunia dan terlena oleh istri dan anak-anak.” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menanggapi:

Kalau saja kalian semua berada dalam suasana seperti yang kamu alami bersamaku, pastilah para malaikat berkunjung kerumah-rumah kalian. Jika kalian tidak berbuat dosa, pastilah Allah SWT mendatangkan suatu kaum yang akan berbuat dosa, kemudian Dia memberikan ampunan kepada mereka”. Kami berkata:” Wahai Rasulullah, ceritakanlah kepada kami tentang surga. Bagaimana bangunannya? Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab:” Satu bata dari emas, satu bata dari perak, di cat dengan minyak wangi adzfar, kerikilnya mutiara dan yaqut, serta tanahnya za’faran. Siapa yang memasukinya akan merasa nikmat dan tidak akan putus asa, kekal dan tidak akan mati. Pakaiannya tidak akan usang dan kemudaannya tidak akan pernah sirna. Ada tiga golongan yang tidak tertolak do’a mereka; imam yang adil, orang yang berpuasa sehingga dia berbuka, dan orang teraniaya ketika sedang menanggung kesedihan. Akan dibukakan baginya pintu-pintu langit dan Allah Yang Maha Suci berfirman,”Demi keperkasaan-Ku, Aku pasti akan menolongmu, walaupun setelah sekian lama”. (Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, jilid 4, halaman 77-78, Muhammad Nasib Ar-Rifa’i)

Tidak ada komentar: