Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, Agustus 07, 2014

Qurban Sapi Dan Unta Untuk 7 Orang Dan Manfaat Qurban



Semangat masyarakat muslim di negeri ini dalam melaksanakan ibadah qurban, terlihat cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta qurban yang dikordinir oleh masjid-masjid. Jumlah peserta qurban, umumnya lebih banyak dari jamaah tetap masjid tersebut. Kita sangat berharap, ibadah qurban tersebut mempunyai nilai yang tinggi disisi Allah Ta’ala. Untuk itu, dalam melaksanakan ibadah qurban terus diupayakan sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah.
Dan Kami telah menjadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syiar Allah. Kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri. Kemudian apabila telah roboh, maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya dan orang yang meminta-minta. Demikianlah, Kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.(QS. 22 Al-Hajj: 36)


Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan, Allah Ta’ala berfirman dengan nada mengingatkan hamba-hamba-Nya atas unta-unta yang telah Dia ciptakan untuk mereka dan di jadikan-Nya sebagai bagian dari syiar Allah; unta yang menuju ke rumah-Nya yang haram, bahkan unta itu merupakan hewan kurban yang terbaik, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:” Janganlah kamu melanggar syiar-syiar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan mengganggu binatang-binatang persembahan dan binatang-binatang berkalung, dan jangan mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah.”( al-Maa’idah; 2).
Al-budna, sebagaimana dikatakan oleh Atha’, ialah sapi dan unta. Walaupun mengenai artikata al-budna ada dua pendapat, namun pendapat yang paling shahih ialah yang mengartikannya sebagai sapi dan unta. Makna ini diperkuat dengan hadits Muslim bahwa Jabir bin Abdillah r.a berkata:
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh kami agar bersama-sama berkurban unta untuk tujuh orang dan berkurban sapi untuk tujuh orang pula. (HR. Muslim)
Firman Allah Ta’ala,” Kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya,’ yaitu pahala di akhirat. Diriwayatkan dari Sulaiman bin Yazid al-Ka’bi, dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Aisyah bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
Tiada perbuatan anak Adam yang paling disukai oleh Allah untuk dilakukan pada hari nahar selain mengucurkan darah hewan kurban. Hewan itu akan datang pada hari kiamat berikut tanduk, telapak kaki dan bulu-bulunya. Darahnya itu akan menetes kedalam sebuah wadah dari sisi Allah, sebelum darah itu jatuh ke tanah. Maka, bergembiralah dengan hewan kurban itu.(HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi)
Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Tirmidzi. Tirmidzi mensahihkannya.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
Tiada pembelanjaan uang untuk sesuatu yang lebih baik daripada pembelian hewan kurban pada hari raya. (HR. Daruquthni)
Hadits ini diriwayatkan oleh Daruquthni dalam sunannya. (Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Muhammad Nasib Ar-Rifa’i)
Pekanbaru, April 2014

Tidak ada komentar: