Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, Oktober 16, 2014

Allah Murka Kepada Orang Yang Tidak Mau Berdoa



Dan Tuhanmu berfirman:” Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS.40  Al-Mu’min: 60)
Inilah karunia dan kemurahan Allah SWT Dia menganjurkan para hamba-Nya untuk berdoa kepada-Nya dan mengharuskan kepada Zat-Nya untuk memperkenankan doa mereka, sebagaimana yang dikatakan oleh Sufyan Ats-Tsauri:” Wahai zat yang sangat mencintai hamba yang paling banyak meminta kepada-Nya kemudian memperbanyak permintaan kepada-Nya. Wahai Zat yang sangat membenci hamba yang paling sedikit meminta kepada-Nya, kemudian dia tidak meminta kepada-Nya. Tiada siapa pun yang seperti itu selain Engkau wahai Tuhanku”. Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim. Abu Ya’la meriwayatkan didalam musnadnya dari Anas bin Malik r.a, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang menceritakan dari Tuhannya, Dia berfirman:

Ada empat perkara: satu untuk Ku, satu untukmu, satu untuk-Ku dan untukmu, dan satu untukmu dan hamba-hamba-Ku. Adapun yang untuk-Ku adalah kamu semua mengabdi kepada-Ku dan tidak menyekutukan Aku dengan apapun. Yang untukmu adalah kewajiban-Ku untuk memberikan ganjaran atas amal baik yang yang telah kamu kerjakan. Yang antara Aku dan kamu, maka darimu adalah doa dan dari-Ku adalah pengabulannya. Dan yang antara kamu dengan hamba-hamba-Ku ialah Aku meridhai mereka atas apa-apa yang kamu ridhai untuk dirimu”.
Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Nu’man bin Basyir r.a katanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda:
Sesungguhnya berdoa itu merupakan ibadah. Kemudian beliau membacakan ayat:” Dan Tuhanmu berfirman:” Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”
Dan, dari riwayat Ahmad juga dari Abu Hurairah r.a, katanya Rasulullah Shallalllahu ‘alaihi wasallam telah bersabda:
Barangsiapa yang tidak berdoa kepada Allah SWT, maka Allah murka kepadanya.
Firman Allah:”Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku”. Yakni yang tidak mau berdoa kepada-Ku dan meng-Esakan-Ku dalam penghambaan:” akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.
(Sumber: Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Muhammad Nasib Ar-Rifa’i)

Tidak ada komentar: