Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, April 23, 2015

Besarnya Kehormatan Seorang Muslim

Ajaran Islam sangat menghargai nyawa manusia. Sangat-sangat terlarang melakukan pembunuhan tanpa alasan yang sesuai dengan ketentuan Al-Qur'an dan sunnah. Ketegasan hal ini dikemukakan dalam buku "Mencintai & Dicintai Allah, Dr. Majdi Al-Hilali.
Sesungguhnya jasad yang diciptakan Allah dan ditiupkan padanya tiupan yang agung memiliki kehormatan yang besar disisi Allah. Hal ini (dijelaskan) cukup gamblang dalam firman Allah Ta'ala:

"...bahwa barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan ia telah memelihara kehidupan manusia semuanya..."(Al-Maidah:32)
Ayat ini menegaskan tentang kedudukan manusia secara khusus disisi Allah Ta'ala. Kedudukan ini akan semakin meningkat ketika manusia menaati Allah. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
Hancurnya dunia lebih remeh disisi Allah daripada dibunuhnya seorang mukmin tanpa alasan yang dibenarman.(shahih al-jami')
(Mencintai Dan Dicintai Allah, Dr. Majdi Al-Hilali)

Tidak ada komentar: