Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, Juni 25, 2015

Waspadalah Terhadap Jerat Dan Tipudaya Setan

Ditengah-tengah pertempuran yang akan terus berlangsung antara manusia dan syetan sampai Hari Kiamat kelak, kita harus selalu waspada terhadap jerat serta berbagai macam tipu daya dan cara-cara syetan dalam menyesatkan kita. Kalau tidak, kita akan masuk dalam perangkapnya. Setiap kali mendatangi manusia, syetan pasti berkata kepadanya:”Tinggalkan saja segala perkara kebaikan ini, dan lakukan kejahatan”, dengan tujuan supaya Anda celaka di dunia dan akhirat. Jika syetan sudah membujuk seperti itu, namun nyatanya tidak ada seorangpun yang mau turut, dia pasti akan menempuh berbagai cara lain untuk menipu hamba-hamba Allah. Demikian dikemukakan oleh Syaikh Isham bin Muhammad Asy-Syarif dalam buku “Berbagai Penyimpangan Dalam Rumah Kita”. Judul aslinya “Mukhalafat fi Buyutina”. Menurut Syaikh Isham, berbagai cara lain itu diantaranya ialah “Meperindah Kebathilan”.
 Dijelaskan, mengutip ucapan iblis, Allah Ta’ala berfirman:” Iblis berkata, “Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis diantara mereka.( Al-Hijr 39-40)

Ibnu Katsir Rahimahullah mengatakan:” Yang dimaksud dengan firman Allah,
Pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) dimuka bumi,
Ialah aku pasti akan membuat mereka sangat menyukai, menginginkan, merasa bangga dan merasa tertarik terhadap kemaksiatan-kemaksiatan.
Al-Qurthubi Rahimahullah mengatakan, upaya setan membujuk manusia supaya memandang baik perbuatan maksiat dilakukan dengan dua cara, yakni melakukan berbagai macam kemaksiatan atau menyibukkan mereka dalam berbagai macam kesenangan duniawi sehingga mereka lalai melakukan ketaatan.
Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di rahimahullah mengatakan, dengan katan lain syetan berkata:” Aku akan membuat mereka memandang baik urusan duniawi dan aku akan mengajak mereka untuk lebih mengutamakan urusan duniawi daripada urusan akhirat, supaya mereka tunduk pada setiap kemaksiatan. (Syaikh Isham bin Muhammad Asy-Syarif, Berbagai Penyimpangan Dalam Rumah Kita)

Tidak ada komentar: