Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Kamis, Desember 10, 2015

Balasan Untuk Orang Jujur Dan Pendusta

Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan tetaplah kamu bersama orang-orang yang jujur. (QS. At-Taubah 119)
Mengenai ayat ini, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir memberikan penjelasan, yakni jujurlah dan teguhlah dalam kejujuran, niscaya kamu termasuk pelaku jujur dan selamat dari berbagai kebinasaan.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud r.a dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Peganglah kejujuran karena kejujuran itu menunjukkan kepada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan itu menunjukkan kepada surga. Dan seseorang senantiasa berlaku jujur dan mengutamakan kejujuran sehingga dia ditulis pada sisi Allah sebagai orang jujur. Jauhilah dusta karena dusta mengarahkan kepada kebohongan dan sesungguhnya kebohongan itu mengarahkan kepada neraka. Seseorang senantiasa berbohong dan memilih kebohongan hingga dia ditulis pada sisi Allah sebagai pendusta. Hadist ini dikemukakan dalam ash-Shahihain. (RIngkasan Tafsir Ibnu Katsir II, Muhammad Nasib Ar-Rifa’i)



Tidak ada komentar: