Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Selasa, November 14, 2017

Beribadah Hanya Kepada Allah



Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. ( QS. Adz-Dzaariyaat 56)
Yaitu, sesungguhnya Aku menciptakan mereka itu ialah agar Aku menyuruh mereka beribadah kepada-Ku, bukan karena Aku membutuhkan mereka; agar mereka mau-baik rela atau terpaksa-melaksanakan peribadatan kepada-Ku. Dan tidaklah Aku ini memerintahkan mereka untuk beribadah kepada-Ku melainkan karena Aku sajalah yang berhak untuk disembah.  Bila mereka telah menserikatkan  peribatan kepada yang selain Aku, maka kemurkaan-Ku akan segera menimpa mereka. Akan tetapi bila mereka mentauhidkan Aku didalam peribadatan, maka Aku akan meridhai mereka dan akan memasukkan mereka kedalam surga-Ku.
Dan tidak diragukan lagi bahwa ini semua adalah rahmat daripada-Nya  terhadap semua hamba-Nya. Yakni penjelasan perkara ini kepada mereka sehingga mereka mengamalkan apa yang telah mereka ketahui itu sesuai dengan cara yang diredhai oleh Allah SWT  merupakan rahmat dari-Nya. Sedangkan Allah sama sekali  tidak punya kepentingan apa-apa terhadap mereka. Dia adalah Mahakaya, tidak perlu kepada semua yang terdapat di alam ini. (Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, jilid 4, Muhammad Nasib Ar-Rifa’i)

Tidak ada komentar: