Al-Qur'an

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Israa' 36)

Rabu, November 15, 2017

Tuhanmu Lebih Tahu Apa Yang Ada Dalam Hatimu



Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu, jika kamu orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertaubat”. ( QS. Al-Israa’ 25)
Said bin Jubair berkata, ayat ini berkenaan dengan orang yang bergegas untuk melakukan kebaikan kepada kedua orangtuanya, dan dihatinya hanya ada niat berbuat baik kepada keduanya. Allah Ta’ala berfirman:” Maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertaubat,” yaitu kepada orang-orang yang melakukan dosa, kemudian bertobat, melakukan dosa lagi, kemudian bertobat. Demikian ditafsirkan oleh Said bin al-Musayyab. Abdurrazaq meriwayatkan dari Ubaid bin Umair, dia berkata,’ Kami memandang al-awwah itu sebagai orang yang menjaga diri dari dosa  serta mengatakan,’ Ya Allah, ampunilah dosa yang aku lakukan  dimajlis ini”.

Sementara itu, Ibnu Jarir berkata,” Al-Awwah ialah orang yang bertobat dari dosa, kembali dari kemaksiatan kepada ketaatan’. Inilah penafsiran yang benar, sebab al-awwah diambil dari kata awwaha yang berarti ‘kembali’. Allah Ta’ala berfirman:” Sesungguhnya, kepada Kami-lah mereka kembali”. Pengertian seperti ini juga terdapat dalam hadits sahih yang menyatakan bahwa apabila Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pulang dari perjalanan jauh, beliau bersabda:
“Semoga kami menjadi orang-orang yang kembali, bertobat, beribadah kepada Tuhan kami, kami memuji”.
(Sumber: Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir jilid 3, Muhammad Nasib Ar-Rifa’i)

Tidak ada komentar: